Wednesday, 3 October 2012

Sekilas Mengenai Sistem Informasi Akuntansi

Tinjauan Sekilas Mengenai Sistem Informasi Akuntansi

Mengenai sistem informasi dan organisasi bisnis pada sistem informasi akuntasi

Menurut Wilkinson dan Curello (1995, p.5-6) sistem informasi akuntasi merupakan struktur yang menyatu dalam suatu entitas, yang menggunakan sumber daya fisik dan komponen lain, untuk merubah data transaksi keuangan/akuntansi menjadi sistem informasi akuntansi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dari para pengguna atau pemakainya(user).

Hubungannya dengan suatu organsisasi bisnis secara kopsetual ialah sistem informasi akuntansi di gunakan sebagai sarana bagi suatu organsasi yang membutuhkannya untuk tujuan kerja organisasi tersebut.



Akuntansi dan Teknologi Informasi

Peran teknologi informasi dalam membantu proses akuntansi dalam perusahaan/organisasi telah lama berlangsung. Alasan utama penggunaan IT dalam akuntansi ialah efisiensi, penghematan waktu dan biaya. Alasan lain termasuk peningkatan efektifitas, mencapai hasil/output laporan keuangan dengan benar. Alasan lainnya yaitu ditambah dengan perlindungan atas aset perusahaan.

Jika kita gunakan ilustrasi piramida organisasi, tugas akuntansi akan berada pada level paling bawah yaitu level operasional dan transaksional. Level ini punya ciri khas yaitu teknis, repetitive, prosedural, standar dan juga dapat membuat bosan. Contohnya, akuntansi yang menangani transaksi pembelian, penjualan, pengiriman barang, pembayaran transaksi, penerimaan hasil penjualan, penyusunan laporan. Ciri khas ini yang menjadi alasan utama mengapa teknologi informasi sangat berkaitan erat dengan akuntansi. Bahkan, kisah hubungan ini telah terjadi jauh-jauh hari pada saat komputer masih berbadan besar dan boros tenaga (mainframe).

Akuntansi dan Pengembangan

Perkembangan system informasi sangat berpengaruh pada akuntan atau pelaku(user) akuntansi, yang sebelumnya mereka terbiasa dengan mencatat buku besar di kertas(buku), saat ini mereka dituntut untuk dapat mencatat, mengolah data dan menyimpannya dalam computer. Namun pada dasarnya, hal demikian tidak memerlukan waktu yang banyak untuk akuntan menguasainya.

Teknik akuntansi merupakan alat yang digunakan untuk menganalisis, merancang dan mendokumentasikan system yang berkaitan. Akuntan juga bisa membuat system akuntansi baik untuk kebutuhan perusahaan ataupun untuk akuntan sendiri selaku konsultan. Tekniknya pun semakin berkembang, berbagai sistem informasi akuntasi yang menggunakan komputer semakin kompleks dan dapat menjangkau suatu organisasi yang besar. Bahkan menjadi suatu keharusan sistem akuntansi di terapkan pada sistem komputer yang terintegrasi agar proses pada transaksi berjalan benar dan tidak keliru.

Di Sunting dan di kerjakan oleh :

Nama : Sujud Dermawan, kelas : 3DB23, dan NPM : 36110723.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_akuntansi
http://ilmuakuntansi.web.id/pengertian-sistem-informasi-akuntansi/

No comments:

Berikan Komentar