Apa itu Midlet ?

Saturday, April 16, 2011 1 Comments



MIDlet adalah sebutan untuk aplikasi- aplikasi yang dibuat di dalam handphone dengan menggunakan profil MIDP (Mobile Information Device Profile). Ternyata, dibalik perangkat kecil yang kita gunakan, tersimpan teknologi yang canggih. Fitur-fitur yang ada pada handphone dan PDA mungkin tidak akan secanggih sekarang jika dulu James Gosling tidak menemukan bahasa pemrograman Java, yang merupakan ‘bapak’ dari J2ME.

Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.

MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.

Sujud Dermawan

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 comment: