Mengenal Latex Software Sebagai Open Source

Saturday, April 16, 2011 0 Comments


LaTex adalah bahasa markup atau system penyisipan dokumen untuk peranti lunak TeX. LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademis dan profesional lainnya.

pada awalnya LaTeX ditulis pada awal tahun 1980-an oleh Leslie Lamport di SRI International. Versi yang paling mutakhir adalah LaTeX2E. LaTeX merupakan perangkat lunak. maupun dengan istilah lain LaTeX adalah salah satu software pengolahan yang free. Sebenarnya LaTeX merupakan kelanjutan dan pengembangan dari software sebelumnya yaitu TeX yang dibuat oleh kakek Donald E.Knuth pada tahun 1977.
Pada awalnya LaTeX berasal dari TeX yang dibuat dengan bahasa pemrograman pascal, namun dikembangkan dengan bahasa (C). perintah – perintah TeX dirasakan sangat sulit untuk membuat dokumen berstruktur. Oleh Leslie Lamport TeX kemudian disempurnakan dengan perintah – perintah pembuatan dokumen yang berstruktur agar lebih mudah. Jadi penyempurnaan dari TeX ialah LaTeX.
Software LaTeX dapat digunakan dalam lingkungan Unix, Linux, Windows maupun Macintosh, untuk windows khususnya tedapat beberapa software LaTeX seperti PCTeX, Miktex, Scientific word, proText, true Text. Pada intinya LaTeX adalah system dalam perangkat lunak yang mempelajari tentang bahasa matematika. LaTeX itu bukan word processor seperti word, tapi merupakan typesetting tools.

Untuk membuat dokumen dengan LaTeX, kita menuliskannya dengan teks editor lalu ditambah banyak command untuk pengaturannya. Setelah di compile hasilnya akan kelihatan. LaTeX sangat powerful dalam menangani dokumen berskala besar seperti penulisan buku dan penulisan bahasa matematis (maupun symbol – symbol matematis).

LaTeX adalah paket makro yang memungkinkan penulis untuk menggunakan TeX. TeX sebagai format mesin,, kata yang diucapkan LaTeX yaitu “Lay-tech” atau “Lah-tect”. LaTeX banyak digunakan di teknis penerbitan Industri untuk akademi jurnal, terutama oleh mathematicians dan physicists.
Ada beberapa kelebihan-kelebihan LaTeX2e yang dapat digunakan secara umum.
1. keberadaannya luas
2. memiliki kelebihan dalam penambahan: warna, font, dan grafik
3. pemberian kemudahan dalam penulisan naskah non teknis
4. portabilitas dokumen pada bagian platform
5. dukungan terhadap berbagai bahasa
Bila kita ingin lebih tahu tentang LaTeX, maka kita juga harus mengenal miktex. Perangkat yang independent pada LaTeX yaitu (DVI) file yang berisi perintah yang dapat diterjemahkan kedalam perintah untuk berbagai perangkat output.

Banyak sekali orang mendefinisikan tentang LaTeX. Ada yang mendefinisikan LaTeX sebagai pelindung cairan dalam jaringan dibawah kulit dari pohon karet. Ada juga mendefinisikan LaTeX sebagai LaTeX allergy.

LaTeX alergi merupakan reaksi terhadap protein dalam dengan getah dari seseorang yang tree. Jadi LaTeX itu bukan hanya digunakan untuk mempelajari symbol – symbol matematis, tapi juga terdapat banyak arti atau kegunaannya.

Sujud Dermawan

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: